Solusi Terbaik Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Signifikan, Apa Saja?

Darah tinggi atau dalam bahasa medis biasa disebut dengan hipertensi yaitu suatu kendala kesehatan yang dikarenakan oleh gaya hidup yang kurang sehat. Selain dikarenakan oleh gaya hidup yang tidak sehat, hipertensi juga bisa dipicu oleh stress, keturunan dan usia.

Jika Anda sudah mengalami kondisi yang demikian, biasanya beberapa penyakit serius bisa saja menghampiri Anda seperti jantung dan stroke. Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir karena tekanan darah tinggi bisa diatasi dengan cara yang sederhana tanpa harus menggunakan obat-obatan. Lalu, hal apa saja yang bisa dijadikan cara menurunkan darah tinggi secara signifikan?

Meningkatkan Aktivitas Fisik

cara menurunkan darah tinggi yang pertama dimulai dari dalam diri sendiri yakni dengan melakukan berbagai aktivitas fisik. Ketika aktivitas fisik sering Anda lakukan misalnya saja berolahraga maka detak jantung juga akan semakin meningkat.

Hal ini tentunya akan membuat kinerja jantung menjadi lebih kuat karena memompa darah dengan lebih sedikit usaha. Dengan begitu, amak tekanan pada pembuluh arteri akan berkurang sehingga tekanan  darah akan menurun.

Pada penelitian yang dilakukan oleh American College Of Cardiology menyarankan bahwa aktivitas fisik yang dilakukan harus intens minimal tiga atau empat kali dalam seminggu selama kurang lebih 40 menit. Tak perlu berlari marathon, Anda bisa melakukan dengan cara menaiki tangga, bersepeda atau hanya sekedar berjalan kaki.

Mengurangi Berat Badan

Apakah Anda termasuk orang yang mempunyai berat badan lebih?. Jika iya maka Anda harus mengurangi berat badan sedari sekarang. Anda bisa mengurangi berat badan 5 kg supaya tekanan darah juga ikut menurun.

Kesimpulan yang dilakukan oleh beberapa penelitian di tahun 2016 menunjukan bahwa dengan mengurangi berat badan maka dapat mengurangi tekanan darah kurang lebih hampir 3,2-4,5 mmHg. Selain itu, dengan Anda mengurangi berat badan maka dapat menurunkan resiko penyakit obesitas.

Kurangi Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji biasanya mengandung banyak garam seperti keripik, pizza, sup kalangan dan makanan sejenis. Tak hanya itu saja, bahkan makanan yang berlabel low fat biasanya terdapat kandungan kadar garam dan gula yang tinggi.

Dan cara menurunkan darah tinggi yang tepat yakni dengan mengurangi mengonsumsi makanan cepat saji. Dengan begitu, maka tekanan darah juga akan ikut menurun.

Buah Bit

Buah bit kaya akan kandungan nitrat yang berperan penting untuk melebarkan pembuluh darah sehingga membantu menurunkan tekanan darah. Dengan Anda mengonsumsi buah bit ataupun mengonsumsi jus buah bit sebelum berolahraga, maka dapat dijadikan salah satu cara menurunkan darah tinggi karena membantu menurunkan kadar oksigen yang diperlukan otot. Dengan adanya hal tersebut maka ketahanan tubuh juga akan semakin meningkat.

Minum Yoghurt

Selain dapat melancarkan pencernaan, yoghurt juga berperan penting untuk dijadikan cara menurunkan darah tinggi secara efektif. Dengan Anda mengonsumsi 180 ml yoghurt dalam sehari maka akan membantu menjaga tekanan darah.

Tak hanya itu, protein special dan juga bakteri baik seperti probiotik pada yoghurt juga berperan penting dalam melakukan hal ini. Supaya bisa mendapatkan manfaat maksimal dari yoghurt ini, sajikan greek yoghurt tanpa rasa  bersama dengan blueberry. Tak hanya rasanya yang enak, blueberry juga mempunyai efek untuk mengendalikan tekanan darah.

Berhenti Merokok dan Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Tahukah Anda bahwa kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol dapat memicu tekanan darah sehingga dapat meningkatkan detak jantung. Untuk jangka panjang, zat kimia yang terdapat pada tembakau juga dapat meningkatkan tekanan darah karena bisa merusak pembuluh darah juga mempersempit pembuluh arteri.

Perbanyak Konsumsi Buah

Buah menjadi salah satu sumber pelengkap bagi tubuh. Beberapa jenis buah-buahan yang kaya akan kandungannya dan bagus untuk cara menurunkan darah tinggi antara lain:

Kiwi, mengandung potassium, vitamin C dan antioksidan sehingga baik untuk mengontrol tekanan darah.

Alpukat, kaya akan kandungan vitamin C, E, kalsium dan serat. Kandungan yang terdapat pada alpukat tersebut sangat dibutuhkan oleh para penderita hipertensi.

Mengkudu, pada beberapa produk obat-obatan herbal biasanya memanfaatkan buah mengkudu guna dijadikan salah satu cara menurunkan darah tinggi karena bekerja efektif untuk mengurangi tekanan darah. Selain untuk mengeluarkan racun, mengkudu juga sangat baik untuk membantu melancarkan peredaran darah.

Blewah, terdapat kandungan potassium yang tinggi dimana kandungan tersebut bekerja efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Kurangi Stress

Beberapa orang yang mengalami hipertensi kebanyakan akan mengabaikan faktor stress. Padahal, stress juga dapat memicu  penyakit hipertensi yang tanpa disadari akan berdampak pada tubuh.

Untuk itu, menghilangkan stress sangat penting bagi kesehatan terutama untuk kinerja tekanan darah. Hal ini bisa dilakukan dengan mengetahui beberapa faktor dari stress tersebut. Anda bisa menghilangkan hal tersebut dengan liburan, jalan-jalan atau menonton ,atau bisa juga sekedar mendengarkan musik.

Dengan mengetahui beberapa cara menurunkan darah tinggi di atas, semoga saja dapat membantu Anda dalam mengatasi gejala dari penyakit tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *